Senin, 25 November 2013

Apa yang Mesti Kamu Lakukan Jika di-Bully?

Kamu tidak boleh diam saja jika di-bully, diancam, diintimidasi seperti itu. Memang, tidak mudah melawannya sendiri, bahkan meskipun kamu mendapat dukungan dari teman-teman kamu. Oleh karenanya, kadang satu-satunya cara untuk menghentikan siklus bullying adalah dengan melaporkannya pada orang dewasa atau pihak yang berwenang. Bullying bisa jadi akan terus terjadi jika kamu tidak melakukan hal ini.


Laporkan

Katakan pada guru yang kamu percayai di sekolah. Tak peduli dimana bullying ini terjadi: di sekolah, di luar sekolah, atau di internet, para guru pasti ingin menghentikan bullying jika mereka mengetahuinya.
Ceritakan pada ayah, ibu, paman, saudara atau teman yang kamu yakin mau mendengarmu. Mintalah mereka untuk membantumu mengatasai masalah ini.
Melaporkan pelaku bullying tidak membuatmu jadi loser atau pengecut atau pihak yang lemah. Bullying adalah masalah serius. Dengan melapor, kamu mungkin justru menyelamatkan anak/remaja lain yang akan jadi target bullying selanjutnya.
Catat bukti dan kronologi
Jika serangan bullying dilakukan melalui internet, telepon atau sms, simpan serangan-serangan itu dalam bentuk foto, tulisan, suara, atau file digital (misal print screen). Tunjukkan pada guru, orang tua, atau pihak yang berwajib (polisi).

Selain melapor, kamu bisa juga mencoba beberapa tips berikut ini:
  • Katakan pada pelaku bullying, “Hentikan. Aku tidak mau diperlakukan seperti ini!”
  • Katakan dengan suara yang kuat dan percaya diri. Jika kamu sama sekali tidak merasa kuat dan percaya diri, BERPURA-PURALAH!
  • Bicaralah dengan pelaku bullying (jika menurut kamu ini aman dilakukan). Tanyakan apakah ada masalah yang bisa kalian selesaikan bersama. Jika kamu takut bertatap muka empat mata saja, ajaklah teman.
  • Jika mungkin, acuhkan orang yang mem-bully-mu. Ketika diabaikan, biasanya mereka tidak tertarik lagi mem-bully. Namun apabila ini tidak berhasil, ceritakan pada seseorang dan mintalah bantuannya.
  • Jangan melakukan perlawanan balik dengan kekerasan. Ini sering kali tidak berhasil, dan kamu justru akan terjebak masalah lain.
  • Nikmati kebersamaan bersama orang-orang yang membantu kamu nyaman dan merasa positif dengan dirimu sendiri. Seorang teman tidak akan mem-bully. Teman, peduli padamu dan senang bersama kamu. :)
Stop bullying!
Be strong, be yourself!

 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Little Things Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template